Jajal Ketangguhan Daihatsu Grand New Xenia, Kabin tak Bising, Bisa Lintasi Tanjakan Ekstrem

Jajal Ketangguhan Daihatsu Grand New Xenia, Kabin tak Bising, Bisa Lintasi Tanjakan Ekstrem

Jajal Ketangguhan Daihatsu Grand New Xenia, Kabin tak Bising, Bisa Lintasi Tanjakan Ekstrem

IST
MENARIK PERHATIAN – Daihatsu Grand New Xenia varian baru 1.500 cc yang diluncurkan awal Januari lalu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Mobil jenis MPV ini sudah diakui keandalannya.

TRIBUNKALTIM.CO – KEHADIRAN Grand New Xenia dengan varian baru 1.500 cc awal Januari lalu menyedot perhatian publik di Tanah Air. Mobil serba guna (multi purpose vehicle/MPV) legendaris dari Daihatsu itu memang sudah diakui keandalannya.

SELAMA 15 tahun mengaspal di pelosok negeri, Xenia dinilai sangat mumpuni. Mayoritas penggunanya mengakui hal itu. Padahal, mesin yang disematkan saat itu 1.000 cc dan 1.300 cc. Tahun lalu, Xenia sudah meninggalkan varian 1.000 cc. Kini, Xenia hadir dengan tetap mengusung 1.300 cc dan menambah varian baru dengan mesin yang lebih besar, 2NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.500 cc.

“Kami sebut big minor change, karena ada varian baru Xenia mesin 1.500 cc. Kegiatan test drive ini supaya para jurnalis bisa menjelaskan ke konsumen Xenia mengenai performa 1.500 cc. Sebab, ada keinginan konsumen Daihatsu untuk MPV dengan tenaga yang lebih besar,” tutur Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso saat melepas kegiatan Test Drive Grand New Xenia di Jakarta, Rabu (6/2).

Baca: Pengangkutan Elpiji Tiga Kilogram ke Malinau Dilakukan Dua Agen

Baca: Perusda Hidup dari Saham HPH, Pemprov Kaltim Diminta tak Jadikan Perusda Sarana Dapat Saham

Ditambahkan, untuk Xenia terbaru ini, Daihatsu mengusung kelebihan berupa tampilan yang baru, kenyamanan, suspensi diperbarui, peredam ditambah, kestabilan, lebih kedap.

Juga ada keunggulan dari faktor safety seperti fitur keselamatan yang lebih tinggi seperti antilock brake system (ABS) dan electronic brakeforce distribution (EBD). Seluruh keunggulan ini ingin dibuktikan lewat kegiatan test drive yang digelar untuk jurnalis.

Kegiatan test drive itu diikuti 14 jurnalis dari berbagai media massa nasional. Para jurnalis menjajal Grand New Xenia varian baru 1.500 cc tipe otomatis (matik) dan manual. Mereka mencoba di berbagai kondisi jalan dan medan dari Jakarta ke kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat, yang memiliki kontur jalan ekstrem naik dan turun.

Saat pertama kali dibawa melaju di jalan Tol Dalam Kota hingga masuk Tol Jagorawi, performa unggul dari Xenia langsung terasa. Sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Begitu dipacu kencang di Tol Jagorawi yang sepi di pagi hari, Grand New Xenia begitu mantap menapak aspal dan berakselerasi. Tak lagi terdengar bising mesin ataupun suara ribut dari luar kabin.

Baca: Sidang Pembuangan Bayi di Toilet Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Tertunda, Ini Sebabnya

Pada sisi audio, Grand New Xeniamenawarkan 2-DIN touchscreen audio di semua varian. Pada beberapa varian, audio sudah didukung teknologi konektivitas yang dapat menghubungkan audio dengan smartphone penghuni kabin.

“Beda sekali dengan yang sebelumnya, kini kabin tidak lagi bising,” kata Wahyu S, salah satu jurnalis yang menjajal Grand New Xenia 1.500 cc tipe R Deluxe transmisi manual (M/T). Selain soal kenyamanan di dalam kabin, Wahyu juga menyoroti soal setir kemudi yang ringan tetapi terasa kokoh di genggaman. Hal itu memudahkannya untuk bermanuver.

Menurut Wira, salah seorang jurnalis lainnya mengatakan, mesin 1.500 cc Xenia yang memiliki tenaga maksimum 104×6000 PS/RPM dengan kekuatan torsi maksimum 13,9/4.200 kg.m/RPM bisa diacungi jempol. Makanya, tidak diragukan untuk dibawa menanjak, hingga tanjakan lumayan ekstrem sekalipun di kawasan Geopark Ciletuh.

Baca: Hari Pertama Tes Pramusim di Sepang, Marc Marquez Akui Merasa Takut Hadapi MotoGP 2019

Animo konsumen terhadap Grand New Xenia begitu tinggi, terutama untuk varian terbaru 1.500 cc. Buktinya, dari target awal manajemen bahwa varian terbaru ini hanya terjual 10 persen dari total jualan Xenia, ternyata target itu terlampaui. (son/*)