Jangan Salah Kaprah, Avanza Itu Diproduksi Daihatsu

Dina Rayanti – detikOto

Toyota Avanza. Foto: Pradita UtamaToyota Avanza. Foto: Pradita Utama

Jakarta

Nama Avanza memang sangat lekat dengan merek Toyota. Bagaimana tidak? Avanza memang merupakan model Low MPV yang dijual oleh Toyota. Namun ketika lahir, Avanza tak sendirian.

Mobil sejuta umat itu punya kembaran yakni Daihatsu Xenia. Keduanya lahir bersamaan, memiliki mesin dan wajah serupa. Paling-paling perbedaannya terlihat pada grille, interior, dan beberapa fitur yang tersemat.

Buat Otolovers yang belum tahu, Avanzamemang diproduksi berbarengan dengan Xenia di pabrik Daihatsu. Tapi tak sembarangan, produksi Avanza oleh pabrik Daihatsu itu sudah sesuai dengan restu dari prinsipal di Jepang. Baik Avanza yang dijual di dalam negeri maupun luar negeri semuanya diproduksi oleh Daihatsu.

Lahir bersamaan tak berarti keduanya memiliki harga jual sama. Dalam situs resmi Toyota Astra Motor Avanzatermurah adalah 1.3 E M/T seharga Rp 191,1 juta. Sedangkan Avanza termahal ada pada model 1.5 G M/T yakni Rp 221,25 juta.

Daihatsu membanderol Xenia dengan harga lebih murah. Xenia tipe X MT 1.3 STD menjadi yang paling murah yakni Rp 183,35 juta. Varian termahalnya R AT 1.3 STD Custom dijual seharga Rp 217 juta.

Harga murah Xenia tidak jadi jaminan Xenia bakalan lebih laris. Dalam data distribusi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Xenia belum bisa menyaingi torehan Avanza. Misalnya pada tahun 2018 sebanyak 75.496 unit Avanza terkirim ke diler dari pabrik Daihatsu.

Sedangkan Xenia harus bersusah payah bersaing dengan model-model lain. Punya wajah mirip Avanza, Xenia tak mampu menembus urutan 10 besar mobil terlaris di Indonesia. Xenia berada di tempat ke-13 dengan 27.078 unit.

Kabar terbaru, duet si kembar Avanza-Xenia bakalan memiliki wajah baru. Namun pihak Toyota dan Daihatsu hingga saat ini belum mau buka suara terkait hal tersebut.

Tonton Juga: Adu Irit Mobil Low MPV

(dry/ddn)